Selasa, 03 Mei 2016

Jenis Jahe di Indonesia

Ragam Nama Jahe
Jahe dalam bahas ilmiah dikenal dengan nama Zingiber officinale memiliki ragam nama yang berbeda di Indonesia. Ragam nama yang berbeda berlaku berdasarkan nama daerah yang menggunakan. Contohnya orang Jawa menyebut dengan nama ‘jae’, orang Aceh menyebut dengan nama ‘halia’, orang  Sumba menyebut dengan nama ‘alia’, orang Gorontalo menyebut dengan nama ‘melito’, orang Banjarmasin menyebut dengan nama ‘tipakan’ . Itu baru sebagian kecil lho...dan baru beberapa daerah saja. Beragam nama yang muncul  di berbagai wilayah di Indonesia, secara tidak langsung memperlihatkan bahwa tanaman jahe dapat tumbuh di seluruh wilayah nusantara kita yang tercinta. Tanaman yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan ‘ginger’ merupakan tanaman yang hanya dapat hidup di daerah beriklim tropis. Jadi tidak heran jika tanaman ini banyak ditemuakan di Benua Afrika, Amerika Latin dan Benua Asia bagian Tenggara.



Jenis Jahe
Jenis jahe yang dapat tumbuh di iklim tropis Indonesia ada 3 jenis:

1. Jahe Emprit alias Jahe Sunti alias Jahe Putih/kuning kecil. Jahe jenis ini banyak sekali ditemui di Indonesia, dengan aroma yang khas, biasanya jahe emprit banyak digunakan sebagai bahan baku minuman ataupun sebagai bumbu ragam masakan Indonesia. Selain digunakan sebagai minuman dan masakan, jahe emprit di Indonesia juga sering dijadikan sebagai bahan baku pembuatan minyak atsiri dan oleoresin. Kandungan atsirinya mencapai 3,05-3,48%, termasuk dalam kategori pedas, bahkan lebih pedas dari Jahe gajah.

2. Jahe Gajah alias Jahe Putih/kuning Besar. Mengapa disebut jahe Gajah??? Yah, karena dari segi ukuran, jahe ini memiliki ukuran yang paling besar diantara tiga jenis jahe. Saat panen, ukuran rimpang bisa mencapai bobot hingga 1000gram. Kalo dari ukuran memang jumbo, tapi dari segi kandungan minyak atsirinya didapatkan kandungan sebesar 1,62-2,29%, kadar tersebut sangat sedikit jika dibandingkan dengan jahe emprit ataupun jahe merah. Namun dari segi ekonomis, jahe gajah banyak diminati oleh pelaku ekspor. Yah..jahe ini merupakan salah satu rempah ekspor unggulan yang paling banyak diburu oleh para eksportir. Bisa jadi, karena rasa yang tidak terlalu pedas, sehingga negara wilayah Eropa tertarik untuk meraciknya sebagai bumbu penyedap makanan ataupun disajikan sebagai minuman penghangat tubuh.

3. Jahe merah. Bentuk rimpangnya berukuran hampir sama dengan jahe emprit. Kulit bagian luar berwarna kemerahan dengan daging rimpang berwarna kuning/kuning kemerahan. Jahe jenis ini memiliki kandungan minyak atsiri yang paling banyak dibandingkan dengan jahe emprit ataupun jahe gajah. Kandungan atsirinya mencapai 3,9% menjadikan jahe merah banyak dicari untuk dijadikan ramuan pengobatan baik dalam bentuk simplisia ataupun olahan lainnya.

16 komentar:

  1. wah, makasih mbak, tapi pertanyaannya.. bedanya apa yah dari segi penampakan atau gambar

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke, gambar bisa ditambahkan, trims masukannya mb Isah

      Hapus
  2. Enak banget ya minum jahe musim hujan gini baca ini jadi makin tau macem-macem jenis jahe.

    BalasHapus
  3. Saya doyan banget minum air jahe merah. Bikin seger tenggorokan, perut dan badan

    BalasHapus
  4. saya baru tau klu jahe ada macem2 jenis yah, tolong di tambahkan foto masing2 jahe dong Mbak biar bisa kelihatan bedanya :). terima kasih

    BalasHapus
  5. Saya baru tau kalau jahe ada macem2nya..makasih sudah sharing, ya :)

    BalasHapus
  6. Kalo bikin bandrek enaknya pake jahe emprit. Tp kalo mau bikin masakan ala jepang enaknya pake jahe gajah. Wkwkw pengetahuan sy cm sebatas itu aja😂

    BalasHapus
  7. Kalo bikin bandrek enaknya pake jahe emprit. Tp kalo mau bikin masakan ala jepang enaknya pake jahe gajah. Wkwkw pengetahuan sy cm sebatas itu aja😂

    BalasHapus
  8. ternyata jahe itu banyak macamnya ya. enak banget kalo pas dingin2 minum jahe anget... hmmm

    BalasHapus
  9. ternyata jahe itu banyak macamnya ya. enak banget kalo pas dingin2 minum jahe anget... hmmm

    BalasHapus
  10. kirain cuma ada jahe merah dan putih, ternyata ada lagi jenisnya ya..

    BalasHapus
  11. Ternyata Banyak macamnya jahe yah..enak di musim hujan begini minuman jahe merah...

    BalasHapus
  12. Baru tau jahe ternyata banyak y macamnya.

    BalasHapus
  13. Wuiiih Dahsyatnya Jahe lovers .. Paduan Jahe Merah yg bermanfaat buat greenlife style...ortu kita jaman dulu sering bikin jahe dan bandrek..rindu nya minuman alami ..

    BalasHapus
  14. mbk slama ini dpt stok jahe dr mana?pengin budidaya...bisakah membantu padar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. stok jahe dari berbagai tempat mb...beberapa langsung dari petaninya.

      Hapus