Sabtu, 19 November 2016

5 Tips Memilih Jahe Merah yang Berkualitas

Rimpang jahe merah segar pasca panen
Hidup itu pilihan…ciecie…..begitupun saat kita akan memilih rimpang jahe merah yang akan kita eksekusi menjadi aneka olahan. Hiks, gak nyambung tapi maksa buat disambungin aja yak kalimat diawal tadi. Salah satu dari sekian banyak pertanyaan yang slalu ditanyakan oleh J-Lo alias jahe lovers itu seringkali berhubungan dengan “bagaimana sih cara memilih jahe bagus, tua, berkualitas baik?”pertanyaan tersebut akan dijawab selengkapnya dalam artikel ini.

Yuk dimari kita kupas beberapa tips, biar gak salah piih ya…pilih jahe merah maksudnya…

Tips pertama: Jahe yang berkualitas bagus dicirikan dengan rimpang yang keras dan berat, jika rimpang jahe tidak keras biasanya menandakan jahe tersebut umurnya masih muda.

Tips Kedua : Rimpang Jahe tidak busuk, kondisi busuk rimpang dapat terjadi karena umur panen jahe yang masih muda ataupun adanya perlakuan jahe yang dicuci dengan air setelah panen, sehingga menyebabkan umur simpan jahe menjadi lebih cepat busuk.

Rimpang Jahe Merah Setelah Masa Penyimpanan 
Tips Ketiga: Rimpang jahe tidak kisut. Kondisi kisut pada jahe disebabkan karena umur panen yang masih muda mengandung kadar air yang tinggi, sehingga pada proses penyimpanan akan mengalami penguapan dan akhirnya menjadi kisut.

Tips keempat: Warna kulit luar jahe hitam keunguan. Pada jahe merah yang baru dipanen akan nampak kulit luar yang berwarna merah segar, namun setelah 5 hari disimpan biasanya akan berubah warna menjadi coklat tua sampai ungu kehitaman. Pada rimpang jahe merah yang tua, biasanya akan Nampak warna hitam keunguan dan saat diiris rimpangnya akan nampak batas warna kulit luar yang berwarna ungu kemerahan, sedangkan warna daging buahnya putih sampai merah muda.

Tips Kelima: Nampak ruas garis pada jahe merah yang jaraknya berdekatan. Jika kita mengamati rimpang jahe dengan seksama, maka pada kulit rimpang bagian luar akan terlihat ruas-ruas bekas dari pertumbuhan rimpang jahe. Pada tanaman jahe merah, rimpang yang tua ditandakan dengan ruas jahe yang jaraknya berdekatan.

Itulah 5 Tips yang bisa dijadikan pertimbangan buat para pecinta jahe alias jahe lovers saat akan memilih rimpang jahe yang berkualitas. Nah, buat kalian pecinta jahe merah, yuk cobain sensasi citarasa JAHE MERAH 55 plus rempah - tanpa pemanis buatan - tanpa pengawet - tanpa pewarna buatan, bisa pesan via WA/SMS di 0856-4025-1605, jenis produknya bisa dilihat di http://jahelovers.blogspot.co.id/p/produk.html



10 komentar:

  1. Ohh begitu..jadi tau sekarang. Terimakasih infonya mbak

    BalasHapus
  2. terima kasih ilmunya sangat bermanfaat .

    BalasHapus
  3. terima kasih, produknya bentuk cair atau tepung ?

    BalasHapus
  4. Wow jelas banget infonya. Pengen Coba have merah nih jadinya

    BalasHapus
  5. Dipasar kira2 ada ga ya mba.. Jd pgn berburu jahe😍😍

    BalasHapus
  6. Dipasar kira2 ada ga ya mba.. Jd pgn berburu jahe😍😍

    BalasHapus
  7. hmm, jadi kepikiran buat nyeduh jahe pagi pagi nie

    BalasHapus